Site Loader
Jalan Raya, Sembung Anyar, Dukun, Gresik Regency, East Java 61155

Beri Sambutan di Acara PETA 2023 STAI Ihyaul Ulum Gresik, KH. Afif Ma’shum: Jadilah Mahasiswa yang Terus Berinovasi

Gresik | Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ihyaul Ulum Gresik terus berkomitmen untuk menghasilkan insan cendekia dan generasi terbaik, yakni salah satunya menyambut kedatangan mahasiswa baru melalui kegiatan Pekan Cinta Akademik dan Almamater (PETA).
Kegiatan PETA tahun ini merupakan wujud sambutan hangat dan penuh semangat dari STAI Ihyaul Ulum Gresik kepada seluruh mahasiswa baru yang akan memulai perjalanan akademik mereka. Acara ini diadakan di kampus STAI Ihyaul Ulum selama dua hari berturut-turut, dimulai dari tanggal 16 hingga 17 September 2023.
Dalam acara pembukaan yang berlangsung di Aula Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukun, Gresik (16/9), Ketua STAI Ihyaul Ulum, H. Ubaidilah, S.Ag.,M.Pd.I menyampaikan sambutannya dengan penuh semangat.
“Selamat datang para mahasiswa baru, selamat atas status baru kalian semuanya yang sebentar akan sah dan resmi menjadi bagian keluarga besar STAI Ihyaul Ulum dan sekaligus sebagai keluarga besar pondok pesantren Ihyaul Ulum Dukun, Gresik.” Tegasnya.
Dalam kegiatan yang diikuti oleh 45 peserta Mahasiswa Baru tersebut, ditegaskan pula tentang pentingnya menata niat secara totalitas untuk menjadi manusia pembelajar dan juga kontinuitas dalam berproses selama di bangku perkuliahan, dalam rangka pembentukan karakter dan kualitas diri.
“Semua yang hadir di sini, tentu tidak melupakan niat thalabul ‘ilmi. Sebab, ketika kelak telah selesai masa studi di kampus ini, tidak lagi ada alasan kerisauan tentang nasib di masa yang akan datang,” terangnya.

Sementara itu, kegiatan PETA tahun ini menghadirkan beragam kegiatan dan acara yang secara khusus diperuntukkan pada mahasiswa baru, antara lain:

1.) Orientasi Akademik, yakni Mahasiswa baru diberikan pemahaman mendalam tentang kurikulum, mata kuliah, dan sarana akademik yang tersedia di STAI Ihyaul Ulum.
2.) Pengenalan organisai-organisasi Kemahasiswaan. Perwakilan dari masing-masing organisasi mahasiswa diperkenankan memperkenalkan organisasinya kepada mahasiswa baru, Dari Dema, Sema, Himaprodi, sampai organisasi-organisasi pergerakan dan unit kegiatan mahasiswa lainnya.
3.) Pentas Seni dan Budaya; Para mahasiswa baru dapat menunjukkan bakat mereka dalam berbagai bidang seni dan budaya, termasuk musik, sholawat dan Qiro’ah.
Kegiatan PETA ini juga tidak hanya memperkenalkan mahasiswa baru kepada lingkungan kampus dan kurikulum akademik, tetapi juga memperkuat ikatan emosional mereka dengan almamater barunya, melalui beragam kegiatan kelompok yang melibatkan seluruh mahasiswa baru dan panitia pelaksana.
Mengusung tema “Biulding The Confidence and Champion Mentality” ketua panitia PETA, Ihya’ Ulumuddin, M.Pd.I, menyampaikan, “PETA 2023 ini adalah momen bersejarah bagi seluruh mahasiswa baru. Kami berharap acara ini akan menjadi fondasi yang kokoh untuk perjalanan akademik teman-teman mahasiswa baru selama berproses di STAI Ihyaul Ulum,” terangnya.
Hadir pada acara puncak, KH. Afif Ma’shum, Pemangku Pondok Pesantren Ihyaul Ulum, Dukun memberi pesan kepada seluruh mahasiswa baru, “Pertama, jadilah mahasiswa yang terus belajar, jangan cepat merasa puas dengan capaian keilmuan tertentu. Kedua, jadilah mahasiswa yang gemar melakukan inovasi, atau penelitian. Galilah, temukanlah hal-hal baru yang bermanfaat untuk banyak orang. Ketiga, hibahkan dirimu, dan ilmumu pada masyarakat. Kalau sudah menjadi mahasiswa, jangan merasa menjadi penduduk langit. Tetaplah jadi penduduk bumi. Lakukan pengabdian kepada masyarakat. Jangan lelah untuk terus menebar kemanfaatan bagi banyak orang,” pungkasnya.

Kegiatan PETA diakhiri dengan prosesi pengukuhan mahasiswa baru secara simbolis oleh Pemangku Pondok Pesantren Ihyaul Ulum, KH. Afif Ma’shum dengan pemakaian jas almamater STAI Ihyaul Ulum Gresik yang diwakili mahasiswa baru dari prodi PAI (Pendidikan Agama Islam) dan EKSY (Ekonomi Syariah). (Adm/iu)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *