Site Loader
Jalan Raya, Sembung Anyar, Dukun, Gresik Regency, East Java 61155

STAI Ihyaul Ulum Gresik – PT. Bursa Efek Indonesia Adakan Edukasi Pasar Modal Syariah

STAIIU GRESIK, 28/08/2023 – Sebagai upaya untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai investasi yang sejalan dengan prinsip-prinsip syariah, STAI Ihyaul Ulum Gresik bekerjasama dengan PT. Bursa Efek Indonesia mengadakan kegiatan yang bertajuk JARIAAH (Belajar Bersama terkait Pasar Modal Syariah). Acara yang diikuti oleh seratus peserta berlatar belakang mahasiswa, santri, dan pelajar ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi mendalam tentang investasi yang aman berkelanjutan yang sesuai dengan prinsip syariah.Kegiatan yang menghadirkan 3 narasumber di bidang pasar modal dan keuangan syariah ini berlangsung mulai pagi sampai siang. Pembicara pertama, Catur Nugroho, dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menyampaikan pentingnya masyarakat mengetahui dan memahami investasi legal dan illegal supaya masyarakat tidak terjebak pada investasi bodong. Oleh sebab itu, lanjut pria yang merupakan auditor staf Pengaturan dan Pengawasan Keuangan Non-Bank ini, “penting bagi masyarakat untuk memiliki literasi dan inklusi keuangan yang baik supaya tidak mudah tertipu oleh iming-iming keuntungan yang ditawarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab”.Pembicara kedua, Asikin Ashar dari PT. Bursa Efek Indonesia, menyampaikan secara mendalam mengenai mekanisme pasar modal syariah, termasuk produk-produk investasi seperti obligasi syariah dan saham-saham dari perusahaan yang beroperasi sesuai dengan prinsip syariah.Sementara pembicara ketiga, Fajar Imanuddin, dari Phintraco Sekuritas, memberikan panduan praktis dalam menganalisis potensi investasi, menilai risiko, dan membangun portofolio yang sejalan dengan nilai-nilai syariah.Ketua STAI Ihyaul Ulum Gresik, H.Ubaidillah, S.Ag., M.Pd.I. dalam sambutannya berbagi pandangan mengenai pentingnya pemahaman tentang pasar modal syariah sebagai alternatif investasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Beliau memberikan apresiasi kepada PT. Bursa Efek Indoensia atas terselenggaranya JARIAAH ini. “Pemahaman terkait pasar modal dan cara berinvestasi saham yang aman, sangat penting dimiliki oleh masyarakat, khususnya generasi muda”, lanjutnya. Kegiatan seperti ini sangat penting, khususnya bagi generasi muda, atas inisiatifnya dalam mengadakan kegiatan yang mendukung peningkatan pengetahuan ekonomi Islam di kalangan masyarakat. khususnya yang menawarkan investasi mengatas di pusat konferensi kota ini menghadirkan para ahli pasar modal dan keuangan syariah sebagai pembicara utama. Mereka berbagi wawasan tentang bagaimana cara berinvestasi dengan mengikuti prinsip syariah, yang meliputi larangan investasi dalam sektor-sektor tertentu seperti alkohol, perjudian, dan produk-produk yang mengandung riba.

Para peserta workshop diberikan pemahaman mendalam mengenai mekanisme pasar modal syariah, termasuk produk-produk investasi seperti obligasi syariah dan saham-saham dari perusahaan yang beroperasi sesuai dengan prinsip syariah. Selain itu, mereka juga mendapatkan panduan praktis dalam menganalisis potensi investasi, menilai risiko, dan membangun portofolio yang sejalan dengan nilai-nilai syariah.Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara STAI Ihyaul Ulum Gresik dan Bursa Efek Indonesia. Para peserta hadir dengan antusiasme tinggi, termasuk mahasiswa, profesional, dan individu yang ingin mendalami prinsip-prinsip investasi syariah. Acara berlangsung selama satu hari penuh dan mencakup berbagai sesi diskusi dan presentasi dari para ahli di bidang pasar modal dan keuangan syariah.

Salah satu peserta, Ahmad Muhammad Rohmatullah, berkomentar, “Saya sangat bersyukur bisa mengikuti workshop ini. Saya merasa lebih memahami tentang bagaimana cara berinvestasi yang sesuai prinsip syariah, dan saya yakin pengetahuan ini akan sangat bermanfaat dalam merencanakan masa depan keuangan saya.”Workshop Pasar Modal Syariah ini mencerminkan komitmen STAI Ihyaul Ulum Gresik dalam mengedukasi dan memberdayakan masyarakat untuk mengambil keputusan keuangan yang lebih bijaksana berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Diharapkan, melalui kegiatan semacam ini, pemahaman tentang pasar modal syariah dapat semakin meluas, dan lebih banyak individu dapat merasakan manfaat dari investasi yang sesuai dengan nilai-nilai keagamaan mereka. (*lul)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *