Site Loader
Jalan Raya, Sembung Anyar, Dukun, Gresik Regency, East Java 61155

STAI Ihyaul Ulum Gresik Gelar Pembekalan PPL dan PKL untuk Mahasiswa

Gresik, 6 Agustus 2023 –Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ihyaul Ulum Gresik menggelar kegiatan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi Syariah. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi pengalaman lapangan di lembaga pendidikan dan instansi keuangan terkait.

Acara pembekalan ini berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 5-6 Agustus 2023. Para mahasiswa diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalani PPL dan PKL dengan sukses. Acara dihadiri oleh para dosen serta narasumber dari berbagai instansi pendidikan dan lembaga keuangan terkait.

Dalam sambutannya, H. Ubaidillah, S.Ag., M.Pd.I, Ketua STAI Ihyaul Ulum Gresik, mengatakan, “PPL dan PKL merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan praktis dan menguji pemahaman teoritis yang telah mereka pelajari. Kami berharap melalui kegiatan pembekalan ini, mahasiswa akan semakin siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan di dunia kerja nantinya.”

Para mahasiswa diberikan materi tentang etika dan tata cara berperilaku di lembaga pendidikan, strategi mengelola kelas, serta metode efektif dalam pembelajaran dan praktik di lembaga keuangan. Selain itu, mereka juga diberikan informasi mengenai peraturan dan prosedur yang berlaku di lembaga-lembaga tempat mereka akan menjalani PPL dan PKL.

Salah satu narasumber, Drs. H. Hilal Machfudh, M.H.I, salah satu guru senior di MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik, berbagi pengalamannya dalam mengelola pembelajaran di kelas yang heterogen. “Menghadapi siswa-siswa dengan berbagai latar belakang dan karakteristik adalah tantangan tersendiri. Namun, dengan persiapan yang matang dan pendekatan yang tepat, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan bermakna,” katanya.

Narasumber dari Koperasi Syariah (KOPSYAH) MUI Jawa Timur, yang juga juga alumni STAI Ihyaul Ulum Gresik, Hamdiyah, SE, menyampaikan tentang pentingnya service excellent. “Ketepatan dalam menyediakan produk dan layanan finansial sesuai dengan prinsip syariah, seperti pembiayaan mudharabah dan murabahah yang berlandaskan pada keadilan dan penghindaran riba, komunikasi yang efektif dan transparan dengan anggota menjadi pijakan utama dalam layanan Koperasi Syariah. Hal ini memungkinkan anggota untuk mengembangkan usaha mereka tanpa melanggar prinsip-prinsip agama”, ujarnya.

Kegiatan pembekalan PPL dan PKL ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara mahasiswa dan narasumber. Para mahasiswa mengungkapkan antusiasme mereka untuk segera terjun ke lapangan dan menerapkan semua ilmu yang mereka peroleh selama pembekalan. Dengan dilaksanakannya kegiatan pembekalan ini, STAI Ihyaul Ulum Gresik telah menunjukkan komitmennya dalam menghasilkan lulusan yang siap berkontribusi positif dalam dunia pendidikan dan masyarakat. Para mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa di tempat PPL dan PKL mereka nantinya. (lul)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *