Site Loader
Jalan Raya, Sembung Anyar, Dukun, Gresik Regency, East Java 61155

Pelatihan jurnalistik ini dapat diikuti oleh 50 siswa siswi kelas 3 Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Sekawedanan Sidayu (Dukun, Bungah, Sidayu, Ujung Pangkah, Panceng dan Karangbinangun) untuk mendalami keterampilan penulisan naskah jurnalistik.

Melalui pelatihan atau workshop jurnalistik ini, peserta akan mampu mengemas naskah-naskah di media internal mereka menjadi jauh lebih menarik, baik itu naskah berita, artikel, feature, ataupun tulisan laporan.

KISI-KISI MATERI PELATIHAN

  1. Writer’s Block
    Hambatan menulis sering melumpuhkan setiap penulis, terutama para pemula. Ada caranya bagaimana mengatasi hambatan menulis ini. Hal ini akan dilatihkan kepada para peserta sehingga untuk selanjutnya, hambatan ini dengan mudah dapat teratasi.
  2. Teknik Menulis Berita & Press Release
    Tidak semua peristiwa layak diberitakan. Tidak pula semua hal harus disampaikan. Ada kriteria jurnalistik yang perlu dikuasai, sehingga naskah berita yang dihasilkan memang benar-benar bernilai tinggi.
  3. Teknik Menulis Artikel Populer
    Menulis artikel tidak sama dengan menulis berita ataupun features. Dalam sesi ini peserta akan dilatihkan bagaimana menggarap sebuah artikel popular yang menarik, dengan bahasa yang mudah dipahami.
  4. Teknik Menulis Feature & Laporan
    Apa bedanya menulis berita dengan menulis feature? Bagaimana mendapatkan sumber bahan penulisan feature? Bagaimana melakukan liputan dan wawancara, dan menuangkannya menjadi sebuah naskah feature yang enak dibaca?
    Topik-topik inilah yang akan dipelajari dalam sesi pelatihan ini.
  5. Teknik Menyunting & Meramu Naskah
    Setelah draft naskah jurnalistik dihasilkan, atau ada naskah kontributor yang masuk, maka pada umumnya naskah tersebut perlu direvisi dan bahkan bisa jadi harus dikemas ulang. Bagaimana mengubah naskah yang tadinya “biasa-biasa saja” menjadi naskah yang “luar biasa” … inilah latihan yang akan kita ikuti pada pelatihan jurnalistik ini.

NARASUMBER:

  1. Drs. Moh. Fail (Teknik Wawancara dan menulis)
  2. Syaifullah, Lc. M.Pd.I (Fiqih Jurnalistik)
  3. Dr. Mudlofar, M.Pd.I (Opini)

Tempat:

Kampus STAI Ihyaul Ulum Gresik (Jl. Raya Sembungan 21 A Dukun Gresik)

Pendaftaran: Paling lambat tanggal 11 April 2019

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *